Sambut Acara Napak Tilas Ajip Rosidi, Jatiwangi Art Factory dan Perpustakaan Pantura Menggelar Workshop Menulis

Dokumentasi: Perpustakaan Pantura

Untuk menyambut perlombaan menulis ulasan buku pada acara Napak Tilas Ajip Rosidi, Jatiwangi Art Factory bersama Perpustakaan Pantura menggelar workshop menulis ulasan dengan mengundang Redaksi Situmang sebagai fasilitator, di kawasan Cibolerang, Jatiwangi, Kabupaten Majalengka (18/1/2020). Workshop ini dihadiri oleh para pelajar SMP, mahasiswa, guru, hingga aktivis literasi.

Selain bertujuan untuk memberikan pengetahuan seputar kiat-kiat menulis ulasan, workshop ini juga diharapkan agar para peserta yang akan mengikuti lomba menulis ulasan buku, Di Tengah Keluarga karya Ajip Rosidi, dapat mengirimkan tulisan yang lebih baik dibandingkan dengan peserta lomba yang tidak mengikuti workshop.

“Tujuannya untuk memberitahu dan mengasah potensi mengarang resensi. Selain itu, berharap para peserta mengirimkan karya terbaiknya dibandingkan dengan peserta yang tidak mengikuti workshop” ujar pendiri Perpustakaan Pantura, Ika Yuliana.

Menurut perempuan yang akrab disapa Ika, perlombaan tersebut dibuka sejak awal Januari dan ditutup 25 Januari. Sementara pengumumannya dilaksanakan pada 31 Januari, setelah malam penganugerahan Rancagé digelar.

Sebagai tempat berlangsungnya kegiatan workshop, kediaman Ajip Rosidi disesaki oleh para siswa SMP beserta guru-gurunya. Tempat ini merupakan rumah sastrawan cum budayawan Sunda yang juga dikisahkan dalam buku Di Tengah Keluarga, dan menjadi pusat kegiatan Perpustakaan Pantura.


Workshop dimulai dengan pembicaraan sekilas tentang teknik mengulas buku hingga bercerita tentang pengalaman menulis ulasan. Pembicaraan itu dipantik oleh tiga redaktur situmang.com. Antara lain, Hafidz Azhar, Rachmah Firstriani, dan Abdul Hamid.

Setelah itu, para peserta melakukan praktek mengulas buku secara langsung, yang dipandu oleh para tiga fasilitator tersebut. 
Seorang siswi SMA 1 Maja, Setiawati, menilai acara ini sangat bermanfaat. Ia kini menjadi lebih tahu bagaimana teknik mengulas buku, khususnya buku-buku nonfiksi.
“Saya bisa tahu bahwa dalam mengulas buku kita harus menilai buku tersebut,” ujarnya.

Gunanya mengulas buku sendiri, menurut pemandu workshop, Hafidz Azhar, bertujuan untuk mengabarkan kepada orang lain tentang buku yang telah dibaca, memantik ketertarikan orang untuk membacanya, dan untuk menilai isi buku. (Abdul Hamid)

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer

Sliding Sidebar

Perumahan Margawangi, Jalan Margawangi VII No.5, Ciwastra, Kota Bandung 40287. Telp. 0227511914

Social Profiles

Facebook