Panitia Festival Buku Bandung Timur Menggelar Konferensi Pers dan Pra Event

Foto: Fajar Nugraha

Panitia Pasar Biru: Festival Buku Bandung Timur menggelar Konferensi Pers di Pendopo Teras Sunda, Jalan Cipadung, Cipadung Wetan Kota Bandung, Senin 1/12/2019. Acara ini dihadiri oleh beberapa wartawan, berbagai komunitas dan para pelapak buku yang akan meramaikan Pasar Biru: Festival Buku Bandung Timur tanggal 9-13 Desember nanti. Saat ditanya oleh wartawan terkait tujuan acara, salah satu penggagas Festival Buku, Hafidz Azhar, mengatakan jika digelarnya acara itu tidak saja untuk menciptakan ruang baru literasi, namun juga untuk membangun hubungan yang solid antar-komunitas yang berada di area Bandung Timur.

“Ya, bagi kawan-kawan komunitas yang tergabung di Pasar Biru, kegiatan ini memiliki dua tujuan. Pertama untuk menciptakan ruang baru literasi, kedua untuk membangun hubungan yang solid di antara komunitas” ujar Hafidz.

Selain Konferensi Pers, Panitia juga mengadakan acara Pra Event yang diisi dengan kegiatan diskusi mengenai, “Konsistensi Media Komunitas sebagai Penyambung Gagasan”. Dalam diskusi ini, hadir tiga pembicara dan satu moderator perwakilan dari empat media yang berbeda. Di antaranya, Hafidz Azhar (situmang.com), Deni Rachman (KompalKampil), Gatot Gunawan (Sampoer Merah), dan Ahda Jaudah (Asoli.id).

Dengan diadakan diskusi tersebut, koordinator Pra Event, Naufal, berharap bahwa acara itu dapat menambah kesadaran tiap-tiap komunitas, terutama mengenai pengelolaan media komunitas sebagai alat penyambung gagasan. “Diskusi ini tentunya berkaitan dengan tema Pasar Biru: Festival Buku Bandung Timur, yakni, mengenai Literasi dan Kemandirian Komunitas dalam Perubahan Sosial. Saya berharap, diskusi ini dapat memantik kesadaran komunitas, baik itu secara individu maupun kolektif, bahwa sejatinya media yang dikelola oleh komunitas itu penting sebagai alat penyambung gagasan”, ungkap Naufal.***(Ilham Ramdani)

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer

Sliding Sidebar

Perumahan Margawangi, Jalan Margawangi VII No.5, Ciwastra, Kota Bandung 40287. Telp. 0227511914

Social Profiles

Facebook