Warga Jawa Barat Harus Bersolidaritas


Herry Sutresna (Ucok eks-Homicide) sedang memaparkan kasus HAM yang terjadi akhir-akhir ini di Pojok Kajian, Koperasi Mahasiswa UIN Bandung (18/9/19)
 

Menanggapi kasus HAM di Jawa Barat, aktivis asal Bandung, Herry Sutresna mengajak warga Pasundan agar bersolidaritas. Gunanya untuk menghadang program pembangunan pemerintah yang merebut hak warga.

Pria yang akrab disapa Ucok itu menyebutkan, akan ada 452 titik penggusuran di Bandung. Penggusuran ini merupakan realisasi dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). 

Sebagimana dilansir dari situs Pekerjaan Umum, Pemerintah Pusat berencana untuk membereskan kota kumuh dengan Program Kota Tanpa Kumuh  (Kotaku) untuk 34 provinsi di Indonesia. Jawa Barat salah satunya.

Menurut Ucok, realisasi program itu pasti pakai cara penggusuran, yang nyatanya sudah terjadi di empat titik di Kota Kembang. Salah satunya adalah Tamansari, kasus  penggusuran yang mendapat solidaritas dari berbagai elemen.

“Saya pikir semua orang bakal peduli, karena ini menyangkut kehidupan mendasar; makan, tempat tinggal,” kata Ucok saat ditemui pada acara diskusi di Kopma UIN Sunan Gunung Djati Bandung Rabu (18/9/19).

Solidaritas ini dianggapnya lebih penting ketimbang mengandalkan hukum yang dibuat pemerintah. Pengaruh solidaritas bahkan dinilainya sangat signifikan dalam perubahan kebijakan. Ia memberi contoh rencana penggusuran di Kulonprogo untuk tambang besi.

“Karena warga kompak bersolidaritas, penggusuran itu dibatalkan,” tambahnya.

Ucok juga menyebut gerakan Kota Bandung sejak rezim Orde Baru digerakkan oleh warga kota, yang menyoroti pada kasus penggusuran. Namun ia juga menyayangkan dengan konflik horizontal yang terjadi di Jawa Barat, seperti sentimen agama. Ini akan jadi penghambat gerakan solidaritas.

“Padahal di kita itu konflik sebenarnya adalah vertikal,” tutupnya.

Pegiat Media. Saat ini menjadi relawan untuk odesa.id sekaligus sebagai tim redaksi situmang.com.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer

Sliding Sidebar

Perumahan Margawangi, Jalan Margawangi VII No.5, Ciwastra, Kota Bandung 40287. Telp. 0227511914

Social Profiles

Facebook